Warta Paroki

SURAT KEPUTUSAN PERPANJANGAN MASA DARURAT COVID-19

Salam Sejahtera, Menindaklanjuti Surat Keputusan Keuskupan Agung Jakarta No.170/3.5.1.2/2020 berdasarkan Dekrit Kongregasi Suci dan Tata Tertib Sakramen serta hasil penegasan bersama dalam rapat Kuria KAJ tanggal 23 Maret 2020, kami sampaikan keputusan-keputusan sebagai berikut:
1. Memperpanjang masa darurat COVID-19 hingga 30 April 2020, maka semua kegiatan kegerejaan yang mengumpulkan banyak orang berikut ini DITIADAKAN:
a. Seluruh Misa Pekan Suci 2020, Misa Mingguan dan Misa Harian, dan sebagai gantinya disiarkan secara online (live streaming, youtube, TVRI dan RRI). ►
b. Semua kegiatan kerohanian dan pastoral bersama: misa lingkungan, misa ujub, renungan APP lingkungan, Jalan Salib dan rapat/pertemuan.
c. Pelayanan Sakramen Tobat (pribadi & umum). Masing-masing pribadi dipersilahkan menyediakan waktu untuk Tobat Pribadi.
2. Berkaitan dengan Pekan Suci:
a. Perayaan Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci dan Minggu Paskah dirayakan secara sederhana HANYA di Gereja Katedral dan Gereja Paroki oleh Pastor tanpa dihadiri umat.
b. Perayaan Misa Krisma untuk pembaharuan janji imamat dan pemberkatan minyak suci sakramental ditunda.
c. Penerimaan Sakramen Baptis bagi katekumen yang sudah dipersiapkan pelaksanaannya ditunda hingga situasi dan kondisi memungkinkan.
3. Pelayanan pengurapan orang sakit tetap dapat/tidak dapat diberikan berdasarkan kondisi kesehatan pasien, ketentuan dari Rumah Sakit dan Dinas Kesehatan.
4. Pelayanan pemberkatan jenazah dapat dilakukan secara sederhana atau tidak dapat dilakukan berdasarkan kondisi jenazah, ketentuan dari Rumah Sakit, Dinas Kesehatan dan Rumah Duka.

Marilah kita sebagai putra-putri Allah belajar menerima situasi pandemic COVID-19 dengan melihat, merasakan dan mengalami kehadiran Kasih Tuhan yang hidup dan menyelamatkan. Semoga rahmat Paskah Kristus yang kita nantikan memberikan hidup yang baru. Marilah menjaga kesehatan dan memelihara kehidupan bersama.

Kita saling mendoakan dalam perlindungan Bunda Maria, Bunda Umat Beriman. Tuhan memberkati.

LOMBA VIDEO PENDEK “DIAM DI RUMAH KELUARGA INSPIRATIF” KAJ
Dalam situasi pandemi virus Corona, keluarga diminta tinggal di rumah sampai ketetapan “social distancing” berakhir. Selama di rumah, ada banyak yang bisa dilakukan tetapi tidak sedikit keluarga yang bingung bahkan stress. Bisa juga lantaran “beban” keluarga semakin meningkat.
Apa yang anda dan sekeluarga lakukan untuk mengisi hari-hari saat diam di rumah? Mungkin aktivitas anda dapat menginspirasi keluarga lainnya. Rekamlah dalam bentuk video pendek durari 2-3 menit dan kirimkan untuk diikutsertakan dalam lomba video pendek “DIAM DI RUMAH KELUARGA INSPIRATIF” Selain memberi inspirasi, lomba ini juga menjadi sarana berefleksi. Memaknai masa “diam di rumah” untuk meningkatkan fungsi kediaman, sehingga bukan sekedar “house” tetapi lebih “home sweet home”

Lomba diselenggarakan oleh Komisi Komunikasi Sosial dan Komisi Kerasulan Keluarga Keusukupan Agung Jakarta.
Isi Video Pendek 2-3 menit
1. Berisikan video kegiatan di dalam rumah bersama keluarga memberi inspirasi keluarga lain, kreatif, unik, bernilai, dan
menghibur.
2. Tema bebas. Pesan yang mau disampaikan tidak perlu terkait dengan pandemi Corona.
3. Yang penting, tidak mengandung unsur yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, seperti : kesusilaan, moral, kekerasan, tidak mengandung pornografi serta bertentangan dengan SARA (suku,agama, dan ras)

Syarat dan ketentuan
1. Peserta tidak hanya terbatas keluarga Keuskupan Agung Jakarta.
2. Video mencerminkan aktivitas inspiratif “diam dalam rumah”,
3. Lokasi video hanya di dalam rumah dan maksimal halaman rumah.
4. Harus dilakukan bersama seluruh keluarga yang sekarang tinggal di rumah termasuk asisten rumah tangga.
5. Bisa juga partisipasi anggota keluarga yang tidak serumah melalui aplikasi komunikasi.
6. Yang tinggal sendirian di rumah, tidak bisa mengikuti lomba ini.
7. Pengambilan gambar/kameramen dan editing dilakukan oleh anggota keluarga dengan kewajiban semua anggota keluarga terlibat dan terlihat dalam video yang dikirim.
8. Semua unsur video harus original. Tidak satupun bajakan, termasuk ilustrasi musik.
9. Durasi 2-3 menit dengan kamera hp jenis apapun.

Prosedur Lomba
1. Salah satu keluarga mengirim data keluarga (Nama ayah, ibu, anak, ART, dan anggota lain yang terlibat, alamat rumah, lingkungan, paroki, keuskupan, alamat email, no WA), judul video dan mengupload melalui google form bit.ly/VideoDiamDiRumah
2. Setiap keluarga boleh mengirim maksimal 5 video tetapi bukan video serial.
3. Panitia akan menerbitkan video peserta ke Channel Youtube HIDUP TV, dan link akan dikirimkan ke peserta lomba untuk dipromosikan agar mendapat view, like dan comment sebanyak-banyaknya.
4. Video yang dikirim akan langsung diupload panitia. Batas akhir video yang diterima oleh panitia yaitu Kamis, 30 April 2020 pkl 23.59 wib
5. Peserta wajib mem-follow dan subscribe akun media sosial KAJ, yaitu :
- Wajib Subscribe dan Like Youtube HIDUPTV (menggunakan Gmail yang didaftarkan). Silahkan klik: https://www.youtube.com/HidupTV
- Wajib Like Facebook KAJ: http://www.facebook.com/KeuskupanAgungJakarta
- Follow Instragram Komsos : @d_sancta

Penilaian:
1. Terdiri dari : keterlibatan seluruh anggota keluraga, inspiratif, unik, kreatif, dan menghibur.
2. Jumlah viewers dan like terbanyak di youtube akan diperhitungkan oleh juri yaitu : Rm. Harry Sulistyo, Pr; Rm. Erwin Santoso, MSF; Rm. Andang Binawan, SJ
3. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

Pengumuman dan Hadiah
1. Tim juri menentukan para juara
 JUARA I berhadiah IDR 5 juta + gratis langganan majalah “HIDUP” 1 tahun
 JUARA II berhadiah IDR 3 juta + gratis langganan majalah “HIDUP” 6 bulan
 JUARA III berhadiah IDR 2 juta + gratis langganan majalah “HIDUP” 6 bulan
 JUARA HARAPAN (3 Pemenang) berhadiah @1 juta + gratis langganan majalah “HIDUP” 3 bulan
2. Sekalipun ada keluarga yang mengirim lebih dari satu, juri hanya memberi satu keluarga satu juara.
3. Pengumuman melalui web KAJ tanggal 8 Mei 2020, bertepatan dengan HUT ke-213 Keuskupan Agung Jakarta

PENDAFTARAN LLPPI (LEKTOR-LEKTRIS, PEMAZMUR, PEMANDU IBADAT)

Telah dibuka pendaftaran anggota LLPPI, bagi yang memiliki komitmen dan berjiwa melayani sebagai LLPPI dalam gereja kita tercinta,silahkan mendaftar melalui link berikut ini:

http://bit.ly/LLPPI_LA2020

CP : Lektor : Valentino 0857 1468 8738 / Yulia B. 0815 8514 4757

        Pemazmur : Tyas 0815 8305 442 / Ira 0878 8300 8999

        Pemandu Ibadat : Lucy 0813 1853 6579 / Harti 0858 8360 5559

KURSUS EVANGELISASI PRIBADI (KEP) ANGKATAN XII

1. Telah dibuka pendaftaran peserta Kursus Evangelisasi Pribadi (KEP) Angkatan XII.

Pendaftaran di stand KEP (depan gereja) atau dapat menghubungi:

Contact person:

- Ibu Ria Sidharta 0813 8366 6061;

- Ibu Regina Linda 0817 6082 700;

- Wingkie 0838 7088 6717;

- Lydia 0895 6221 48182

atau melalui Ketua Lingkungan masing-masing.

KEP angkatan XII akan dimulai tanggal 22 April s/d 6 September 2020.

2. Warung KEP Dalam rangka mencari dana, Panitia KEP Angkatan XII membuka warung KEP di gereja lama.

Tersedia minuman hangat dan dingin serta aneka makanan.

Umat yang mau kongkow-kongkow sambil menunggu giliran pijit atau menyetorkan sampah ke Bank Sampah dapat mampir di Warung KEP.

SEKSI PELATIHAN DAN KADERISASI PAROKI
Dewan Paroki Jatiwaringin - Gereja St. Leo Agung, membutuhkan orang-orang muda untuk berkarya pada SEKSI PELATIHAN DAN KADERISASI PAROKI
Bidang Pelayanan yang menjadi Tanggung Jawab: Melaksanakan analisa kebutuhan pelatihan, menyusun modul dan menyelenggarakan pelatihan dalam rangka kaderisasi dan regenerasi pelayan pastoral Paroki.
Bagi umat yang ingin bergabung, dapat menghubungi: Sekretariat Paroki atau mengirimkan WA ke 0877 8488 8688 (Paulus S. Firmanto).

PENDATAAN UMAT BERKEBUTUHAN KHUSUS
Dalam rangka aksi nyata Tahun Keadilan, Paroki Jatiwaringin Gereja St. Leo Agung akan mendata Umat yang Berkebutuhan Khusus (UBK), mohon umat yang anggota keluarganya termasuk dalam pendataan ini, diharap menyampaikan lewat Ketua Lingkungan atau pengurus DILAC (DIFABEL LEO AGUNG CLUB) paroki Jatiwaringin yaitu Ibu Santje 0815-1344-7266 dan Ibu Shinta 0813-1416-8087 (Sie Bina Iman Bid.Pewartaan), atau melalui sekretariat Paroki.

SANTO YUSUP

Diberitahukan kepada umat bahwa untuk meningkatkan pelayanan dan demi kelancaran Pelayanan Kematian Santo Yusup kelas standar/kelas III dan dikarenakan adanya kenaikan harga peti, kenaikan biaya  transportasi, kenaikan harga tanah makam, dan berdasarkan:

Surat Keputusan Dewan Paroki No. 01/DP-SK/SLA/I/2019 tertanggal 1 Januari 2019,

maka iuran Santo Yusup mengalami perubahan. Iuran Lama - Iuran Baru Rp. 75.000,- Rp. 100.000,-

Kenaikan iuran berlaku mulai bulan Mei 2019.