Dibalik Keindahan Dekorasi Altar

Dibalik Keindahan Dekorasi Altar
Dibalik Keindahan Dekorasi Altar
Dibalik Keindahan Dekorasi Altar
Dibalik Keindahan Dekorasi Altar
Dibalik Keindahan Dekorasi Altar
Dibalik Keindahan Dekorasi Altar
Dibalik Keindahan Dekorasi Altar

TIM DEKORASI ST. LEO AGUNG

PAROKI JATIWARINGIN

    

        Jika kita setiap hari Minggu pergi ke gereja,pernah kah kita perhatikan betapa indahnya altar gereja kita,dari mulai dekorasi yang paling sederhana hanya dengan tanaman-tanaman hijau sampai dengan bunga-bunga warna warni.

            Taukah kita bahwa dibalik dekorasi gereja yang indah dan sederhana  itu terdapat orang-orang yang luar biasa.  Mereka bekerja siang dan malam (terutama pada hari-hari besar Gereja Katolik) tanpa pamrih.mereka melayani Tuhan dengan mendekorasi Gereja dengan segala talenta dan hobby  yang mereka miliki dalam bidang menata dan merangkai bunga,mereka disebut Tim Dekorasi Gereja.

            Saat ini Tim Dekorasi Gereja Santo Leo Agung mempunyai 11 orang anggota,yang merupakan gabungan dari 9 wilayah yang ada di Paroki Jatiwaringin. Pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh Keuskupan Jakarta selalu dihadiri,untuk menambah ketrampilan mereka dalam mendekor dan memperindah Altar Gereja sesuai Kaidah Liturgi.

 

TIM DEKORASI ST.LEO AGUNG IKUT FESTIVAL “ECOGREEN ALTAR DECORATION KAJ”

                     Dalam rangka menindak lanjuti Pelatihan Eco Green Altar Decoration yang diselenggarakan pada 2 Desember 2018,Komisi Keadilan Perdamaian Keuskupan Agung Jakarta, mengadakan FESTIVAL ECOGREEN DECORATION ALTAR yang ramah Lingkungan Dalam Tatanan Liturgis untuk seluruh Paroki Di Keuskupan Agung Jakarta.

            Gereja Santo Leo Agung,Paroki Jatiwaringin yang diwakili oleh Subsie Dekorasi Liturgi tidak ketinggalan dalam kesertaannya pada Festival tersebut.

            Ke ikut sertaan Tim Dekorasi Paroki Jatiwaringin bukan semata-mata untuk mendapatkan hadiah,namun untuk memperkenalkan bahwa Gereja Santo Leo Agung,Paroki Jatiwaringin itu ada.  Karena masih banyak warga umat di paroki-paroki lain belum mengenal Gereja Santo Leo Agung,Paroki Jatiwaringin.

            Mengingat kebetulan batas waktu yang ditentukan sampai akhir Desember 2018, maka Tim Dekorasi St.Leo Agung memanfaatkan momen Adven Minggu ke 3 untuk dijadikan sebagai konsep Ecogreen Decoration Altar.

Tema yang di ambil adalah “TUNAS HARAPAN KESELEMATAN KEKAL BERSUMBER DARI MATA AIR KERAHIMAN ALLAH”

Dari Elemen Gentong yang mengeluarkan kain ungu melambangkan masa adven dan Sumber Kasih Allah yang tecurah dan mengalir untuk keselamatan semua umat manusia.

Tanaman Hijau dan kayu juga melambangkan kesuburan alam yang harus dilestarikan.

Dengan kata lain Gereja Katolik sangat peduli dalam melestarikan alam yang diaplikasikan dalam Ecogreen  Decoration Altar.

 

MENGAJAK WARGA UMAT PAROKI JATIWARINGIN UNTUK IKUT SERTA BERGABUNG BERSAMA MEMPERINDAH GEREJA ST. LEO AGUNG.

             Banyak kegiatan yang dilakukan oleh Tim Dekorasi baik yang  bersifat rutin di paroki maupun yang diluar paroki.

            Bagi Tim Dekorasi jumlah anggota saat ini sangatlah kurang dibandingkan  dengan paroki-paroki lainnya,oleh karena itu Tim Dekorasi Gereja St.Leo Agung mengajak/mengundang Bapak/Ibu/OMK warga umat Paroki Jatiwaringin untuk bergabung bersama mereka melayani Tuhan dengan memperindah Gereja St.Leo Agung dalam menata Altar sesuai dengan Kaidah Liturgi.

            Tidak diperlukan syarat keahlian khusus dalam menata atau merangkai bunga, dengan ketulusan dan mengikuti pelatihan-pelatihan dari KAJ dan dengan mempraktekannya,Bapak/Ibu/OMK dapat menjadi seorang dekorator.

            Semoga melalui artikel sederhana ini akan menggugah minat warga umat lingkungan/wilayah di Paroki Jatiwaringin untuk bergabung bersama Tim Dekorasi Gereja Santo leo Agung Jatiwaringin. 

 

(Narasumber: Tim Dekorasi St.Leo Agung,Paroki Jatiwaringin)