"Menghilangkan Rasa Takut"

"Menghilangkan Rasa Takut"

Renungan Harian, 25 September 2020

“Menghilangkan Rasa Takut”

       Para sahabat dalam bukunya “The Conquest Of Happiness” Bertrand Russel memberi ilustrasi bahwa kebahagiaan dapat diperoleh dengan menghindari hal-hal yang membuat kita tidak berbahagia, Antara lain adalah rasa takut. Rasa takut biasanya timbul karena mengkhawatirkan sesuatu akan terjadi walaupun belum terjadi.

Penulis kitab Pengkotbah memberikan kita pedoman untuk menghilangkan rasa takut,  yaitu dengan menyadari bahwa “….. untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun dibawah langit ada waktunya”(3:1). Ia sekaligus menegaskan untuk menghilangkan rasa takut tersebut karena,   “Ia (Allah) membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka . (3:11)”

Bertrand Russel juga menegaskan beberapa point yang dapat mewujudkan rasa bahagia, antara lain adalah Passion & Love. Passion sendiri bisa didefinisikan sebagai kemauan, kehendak yang mengarahkan kita pada sesuatu yang membuat kita bahagia.

Dalam Injil hari ini juga ditegaskan bahwa arah hidup murid-murid Yesus khususnya Petrus, on the Track  dengan memahami Yesus sebagai Mesias. Penekanan mana mengarah pada setiap kita yang merasa mengikuti Yesus seharusnya bisa mengarahkan dirinya dalam Yesus sebagai pilihan passion dalam kehidupan sehari-hari, dimana Yesus sendiri adalah love yang selalu terbuka bagi semua kita yang menghendakinya.

Kiranya bacaan Kitab suci kali ini begitu mengarahkan kita , khususnya saya. Bahwa ketakutan maupun kekhawatiran dalam hidup ini bisa kita hilangkan dengan memastikan bahwa selalu ada yang melindungi dan mengasihi kita yaitu Yesus. Walaupun kita mengalami penderitaan dalam kehidupan namun  kita bisa meyakini bahwa segala sesuatu akan indah pada saatnya.

Semangat beraktivitas.

@dlafevermore.