“Menjadi Saudara Yang Adil Dimasa Pandemi”

“Menjadi Saudara Yang Adil Dimasa Pandemi”

Jumat 4 September 2020

1 Korintus 4:1-5; Mazmur 37 : 3-6, 26-27, 39-40; Injil Lukas 5:33-39

 

         Sahabat terkasih, menarik membaca ayat referensi  Kitab suci  diatas,  terlebih jika kita kaitkan dengan BKS 2020 KAJ dengan tagline Menjadi Saudara Yang Adil Dimasa Pandemi”.

        Surat  Paulus (1Kor 4;1-5),  mengingatkan agar tidak menghakimi diri sendiri maupun sesama terkait kejadian-kejadian yang realitasnya kita tidak pahami, karena menurut Paulus menghakimi adalah hak Tuhan dan waktunya adalah saat Ia datang kedua kali.

Dikaitkan dengan Injil Lukas (5:33-39), sebenarnya  memperlihatkan apa yang dilakukan oleh orang Farisi menegur murid Yesus yang tidak berpuasa  adalah tindakan menghakimi.

Yesus mengarahkan mereka dan kita pada sudut pandang baru,  kepatuhan bukan hanya mengikuti hukum,  terlebih harus juga dari hati yang terdalam tulus melakukannya, termasuk tidak menghakimi sesama. (baca Panduan BKS 2020-KAJ hal 22, KKS-KAJ).

          Dalam Kondisi Pandemi ini adaptasi kebiasaan baru, menjadi sesuatu yang tidak terduga, dan sering kita menemukan hal-hal diluar kebiasaan yang biasa kita jalankan. 

Contoh adalah; pergi ke-Gereja,   mungkin sebagian kita mengungkapkan kekecewaan atas ketidakmampuan Dewan Paroki yang tidak kunjung bisa melaksanakan Misa,  bahkan kita mulai mengecam mereka. Kiranya kita bisa mencegah dan menjaga agar kita dan sesama tidak melakukannya, namun marilah membantu mereka agar bisa mewujudkannya, baik dengan doa dan tindakan.

           Hendaklah kita “Menjadi Umat yang Berbela Rasa” sebagaimana akan kita dalami dalam pertemuan ke-3. Semangat mengikuti pertemuan BKS 2020, sehingga kita Menjadi “Saudara yang Adil Di-masa Pandemi”, Amin.