Satu Iman Satu Pengajaran

Satu Iman Satu Pengajaran

HARI MINGGU BIASA XXI

Satu Iman Satu Pengajaran
Yes. 22: 19-23; Rm. 11 : 33-36; Mat 16 : 13-20

Beberapa waktu belakangan ini media sosial kita, khususnya whatsapp di banjiri berita terkait meninggalnya seorang Hamba Tuhan dari salah satu sekte Kristen yang berdomisili di Surabaya. Berita ini menjadi begitu besar dan menghebohkan karena meninggalnya Hamba Tuhan ini tidak berselang lama setelah seorang Hamba Tuhan lainnya juga meninggal dan ternyata 2 orang Hamba Tuhan yang meninggal ini sebenarnya sedang berperkara di Pengadilan. Bahkan salah satu dari mereka juga sedang berperkara hukum dengan seorang anak kandungnya sendiri yang juga berpredikat Hamba Tuhan. Lho ... memang persoalannya apa sampai harus berurusan dengan pengadilan segala ? Bukan persoalan dogma, bukan juga persoalan perbedaan tafsir kebenaran, tetapi persoalan aset properti milik gereja yang ternyata sedang diperebutkan. Nilainya triliunan rupiah. Tentu hal membuat kita mengelus dada dan berfikir .... apa yang mereka ajarkan selama ini ?

Umat Tuhan yang terkasih, saat ini di dunia ada kurang lebih 30.000 denominasi kristen dan ada saja yang hilang dan muncul setiap harinya. Berapa yang pasti jumlahnya, hanya Tuhan yang tahu. Saya tidak ingin terjebak dengan pernyataan bahwa sama sekali tidak ada kebenaran di dalam gereja-gereja itu. Gereja Katolik juga mengakui bahwa ada kebenaran di dalam gereja-gereja itu walau kepenuhan kebenaran ada sepenuhnya di dalam Gereja Katolik. Kepenuhan kebenaran ada di dalam Gereja Katolik ? Pernyataan ini dapat saja memancing diskusi panjang, tetapi tentu, pernyataan ini bukan tanpa dasar. Mari kita lihat. Bacaan Injil Minggu ini akan menjawab pernyataan itu. Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Surga. Apa yangh kau ikat di dunia ini akan terikat di Surga dan apa yang kau lepaskan di dunia ini akan terlepas di Surga” (ayat 18 & 19). Kalau Gereja Katolik langsung didirikan oleh Yesus, Yesus menjamin tidak akan sesat dan sosok yang dipilih-NYA (Petrus dan para Penerusnya) diberi kepercayaan penuh untuk menggembalakan umat-NYA, apa lagi yang membuat kita ragu ?

Kita bersyukur walau di dalam Gereja Katolik sendiri terdapat puluhan, atau mungkin ratusan Tarekat atau Ordo, ada puluhan Ritus dan berbagai Komunitas Hidup Bakti, mereka semua hidup dalam ketaatan penuh kepada Paus, Wakil Kristus (Vicar of Christ) yang dipercaya menggembalakan dan memelihara domba-domba-Nya (Yoh. 21:15-19). Gereja Katolik adalah Gereja yang Satu, Kudus, Katolik dan Apostolik. Kita hidup dalam satu Iman dan Satu Pengajaran. Ini sekaligus menjadi bukti bahwa Gereja Katolik hidup dalam ketaatan penuh kepada Sabda Yesus seperti tertulis di dalam Injil.

Selamat hari Minggu – selamat bertemu Tuhan di dalam Ekaristi

Tuhan memberkati kita semua.