SELAMAT PASKAH - SELAMAT MERAYAKAN KEMENANGAHN IMAN KITA

SELAMAT PASKAH - SELAMAT MERAYAKAN KEMENANGAHN IMAN KITA

Apa yang kita rasakan hari ini ? Perasaan seperti apa yang kita alami hari ini saat merayakan Paskah bersama dengan umat Katolik lain di gereja ? Rasa gembira, sukacita karena masa pantang dan puasa sudah selesai ? Atau gembira karena ini pertama kali kita merayakan Paskah di gedung gereja baru tanpa panas-panasan seperti dulu ? Saya yakin, pasti bukan karena dua alasan diatas. Kita gembira karena kita merayakan Yesus yang kita imani sebagai Tuhan dan Juruselamat telah bangkit dari kematian dan menebus kita dari penjara dosa. Kita bebas dan menjadi manusia yang selamat. Lalu, apakah kegembiraan ini selesai hanya sebagai sebuah momen kegembiraan ?

Umat beriman yang terkasih, kalau tidak teliti bacaan-bacaan di Minggu Paskah ini, semua tokoh yang terlibat menunjukkan semangat dan antusiasme yang begitu tinggi. Petrus dalam Kisah Kisah Para Rasul berbicara tentang Tuhan Yesus yang bangkit yang kemudian akan menjadi Hakim atas orang-orang hidup dan orang-orang mati dan kita yang percaya akan mendapat pengampunan dosa (bdk Kis. 10 : 42-43). Paulus dalam suratnya kepada jemaatnya di Kolose pun berbicara dengan optimisme yang begitu kuat bahwa kita yang telah ditebus akan berada dalam kemuliaan bersama Yesus. (bdk Kol. 3 :4). Demikian juga dalam Injil Yohanes. Peristiwa kebangkitan Yesus membuat Murid Yang Lain mengerti isi Kitab Suci yang mengatakan bahwa IA harus bangkit dari antara orang mati (bdk. Yoh. 20 : 8-9)

Lalu bagaimana dengan kita ? Seberapa semangat kita mewartakan Yesus, seberapa kita yakin bahwa kita akan berada dalam kemuliaan bersama Yesus dan ingin agar orang lainpun harus mengalami hal yang sama ? Seberapa kita mengerti mengapa Yesus begitu antusias membela dan menebus kita bahkan dengan cara yang paling hina menurut ukuran dunia yaitu Salib ? Kiranya baik bagi kita untuk menggunakan momen Paskah kali ini untuk merenungkan dan membawanya dalam meditasi mendalam apa yang di sampaikan Nabi Yesaya seperti yang tertulis di Yes. 1 : 18 dan Yes. 43 : 4. Mungkin setelah itu kita akan menjadi seperti Murid Yang Lain dalam Bacaan Injil Minggu ini yaitu menjadi mengerti isi Kitab Suci yang mengatakan bahwa IA harus bangkit dari antara orang mati.

Selamat merayakan Paskah - Tuhan memberkati.