Bersyukur Dalam Pribadi Yang Sederhana

Bersyukur Dalam Pribadi Yang Sederhana
Bersyukur Dalam Pribadi Yang Sederhana
Bersyukur Dalam Pribadi Yang Sederhana
Bersyukur Dalam Pribadi Yang Sederhana
Bersyukur Dalam Pribadi Yang Sederhana

Pada Bulan Maria tahun ini, umat Leo Agung warga Wilayah 8 yang terdiri dari empat lingkungan yaitu Lingkungan Maximillian Kolbe 1, Lingkungan Maximillian Kolbe 2, Lingkungan Lucia dan Lingkungan Maria Immaculata pergi melakukan Ziarah Rekreasi (Ziarek) ke Goa Maria Fatima Sawer Rahmat yang berlokasi di Desa Cisantana, Cigugur Kuningan, Jawa Barat.

Kegiatan ziarek wilayah 8 tahun ini memiliki tema Bersyukur Dalam Pribadi Yang Sederhana, yang sesuai dengan tema ardas 2024 dari Keuskupan Agung Jakarta yaitu Mengasihi – Peduli – Bersaksi dalam Solidaritas dan Subsidiaritas.

Tema Bersyukur Dalam Pribadi Yang Sederhana, diambil dengan tujuan untuk memperkuat rasa solidaritas dan juga subsidiaritas untuk mewujudkan kesejahteraan bersama di Wilayah 8 pada khususnya dan di Gereja Santo Leo Agung pada umumnya.

Menurut Bapak Pius Sunaryo warga Lingkungan Maximillian Kolbe 2 yang menjadi salah satu panitia acara, kegiatan ziarek tahun ini pada awalnya di prakarsai oleh Bapak Asisi Basuki sebagai ujud ucapan syukur atas keberhasilan dua putri bapak Asisi dalam pendidikannya yaitu ujud ucapan syukur atas lulus dan wisuda putri pertama Pak Asisi yaitu Vanya dari Fakultas Kedokteran pada tanggal 25 Mei 2024 dan juga lulus nya putri kedua Pak Asisi yaitu Vio dari SMA Pangudi Luhur pada tanggal 11 Mei 2024. Lalu akhirnya ziarek ini memiliki ujud khusus untuk ucapan syukur atas keberhasilan pendidikan anak-anak di Wilayah 8 serta sekaligus menjadi hadiah atas keberhasilan warga wilayah 8 yang berhasil menjadi juara 1 dan memenangkan lomba paduan suara yang diadakan oleh Panitia Paskah di Gereja Leo Agung. Oleh karena ujud-ujud tersebut maka ziarek ini gratis untuk seluruh peserta.

Dan menurut Bapak Pius pula kenapa panitia memilih Goa Maria Fatima Sawer Rahmat sebagai tujuan ziarek tahun ini adalah karena ada beberapa warga wilayah 8 yang sudah dikabulkan ujud doa permintaannya ketika beberapa warga tersebut mengunjungi dan melakukan ziarah ke Goa Maria Fatima Sawer Rahmat dalam rangka devosi kepada bunda Maria dan meminta ujud doa khusus dalam perjalanan ziarah tersebut.

Rombongan yang berisi 122 peserta berangkat dari komplek Duta Indah pada tanggal 18 Mei 2024 pukul 05.00 WIB, dengan menggunakan 3 bus pariwisata dan didampingi oleh Romo Yusuf Freinademetz Hopelewo Uran, CSSR atau akrab disapa Romo Raffi Uran, CSSR.

Setibanya di lokasi Goa Maria Fatima Sawer Rahmat, setelah beristirahat sebentar, para peserta dibagi menjadi 3 kelompok berdasarkan bis yang ditumpangi dan memulai Jalan Salib. Kondisi jalur Jalan Salib yang menanjak dan harus menaiki banyak anak tangga menjadi suatu tantangan tersendiri untuk para peserta terutama bagi peserta yang lanjut usia. Namun kondisi jalur yang lumayan berat tersebut ternyata tidak mengurangi semangat para peserta ziarek karena ternyata semua peserta dapat mengikuti jalan salib hingga akhir. Setelah istirahat makan siang setelah Jalan Salib, acara hari itu di Goa Maria Fatima Sawer Rahmat ditutup dengan Misa yang dipimpin oleh Romo Raffi.

Setelah selesai Jalan Salib di Goa Maria Fatima Sawer Rahmat sebelum kembali pulang rombongan ziarek wilayah 8 sempat mengunjungi taman doa Regina Rosari di Cirebon. Dan rombongan tiba dengan selamat di depan komplek Duta Indah lagi pada pukul 23.30 WIB.

Selama menemani perjalanan ziarek wilayah 8, Romo Raffi merasakan perasaan senang dan sukacita karena berjalan bersama umat wilayah 8. Menurut Romo Raffi, dari mulai persiapan, perjalanan, liturgi dan semua hal diatur dengan sangat baik sehingga membantu Romo Raffi secara pribadi betul-betul merasakan sukacita bersama dengan para umat yang terdiri dari anak-anak, remaja, OMK, Bapak dan Ibu serta para Opa dan Oma yang semuanya terlihat sangat semangat mengikuti ziarek dari awal hingga akhir. Dan lewat kesempatan ini pula Romo Raffi menitipkan pesan agar wilayah 8 bisa selalu guyub dan kompak. (Mia Suprapto)