“Kisah Nyata Mukjizat Ekaristi”

“Kisah Nyata Mukjizat Ekaristi”

“Kisah Nyata Mukjizat Ekaristi”

Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus - Minggu, 02 Juni 2024

Kis. 24 : 3 – 8 ; Ibr. 9 : 11-15 ; Mrk. 14:12-16.22-26
 

Hari ini kita merayakan Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus. Saya akan coba menyajikan kembali suatu peristiwa besar yang pernah terjadi di dalam Gereja Katolik yaitu Mukjizat Lanciano. Mukjizat Lanciano merupakan suatu kejadian yang dianggap sebagian besar orang sebagai mukjizat Ekaristi yang pertama dan terbesar dalam Gereja Katolik. Mukjizat ini terjadi sekitar tahun 700-an di kota Lanciano, Italia. Di sana, para biarawan mendirikan sebuah gereja kecil bernama St. Longinus.

Pada waktu Misa Kudus, setelah konsekrasi roti dan anggur, hosti berubah menjadi Daging yang hidup dan anggur menjadi Darah yang hidup, yang mengental menjadi lima gumpalan yang tak beraturan dan berbeda dalam bentuk dan ukurannya.

Pada tahun 1971, suatu penelitian ilmiah dilakukan oleh Profesor Odoardo Linoli, seorang professor Anatomi dan Histologi Patologi, Kimia, dan Mikroskopi Klinikal. Ia dibantu oleh Prof. Ruggero Bertelli dari Universitas Siena. Hasil investigasi ini dipublikasikan pada tahun 1973. Analisa-analisa tersebut mendapat kesimpulan-kesimpulan berikut: Daging tersebut adalah daging sungguhan dan darah tersebut adalah darah sungguhan, Daging dan Darah berasal dari spesies manusia, Daging terdiri dari jaringan otot jantung, Daging dan Darah mempunyai golongan darah yang sama, yakni AB dan bukti-bukti ilmiah lainnya.

Berpegang pada perkataan Yesus itu dalam bacaan Injil hari ini .... "Ambillah, inilah tubuh-Ku". Sesudah itu Ia mengambil cawan, mengucap syukur lalu memberikannya kepada mereka, dan mereka semuanya minum dari cawan itu. Dan Ia berkata kepada mereka: "Inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang ..." (bdk Mrk 14 : 22-24), Gereja Katolik mengakui bahwa dalam perayaan Ekaristi, roti dan anggur diubah menjadi Tubuh dan Darah Kristus melalui kuasa Roh Kudus dan dengan pelayanan Imam. Mukjizat Lanciano adalah bukti kebenaran ajaran Gereja ini.

Seiring dengan perayaan Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus, sebagai umat Katolik, marilah kita sungguh-sungguh hadir dan terlibat aktif dalam perayaan Ekaristi sebagaimana Kristus sungguh-sungguh hadir bagi kita dan menyapa kita dengan cinta-Nya. Merayakan Ekaristi hendaknya merupakan sebuah ungkapan kerinduan kita untuk bertemu dengan Sang Penebus yang hadir dan bukan sekedar menjalani kewajiban seminggu sekali sebagai orang Katolik.

Umat Tuhan yang terkasih, masih banyak mukjizat Ekaristi yang terjadi di sepanjang sejarah Gereja dan tidak mungkin dituliskan di dalam renungan singkat ini. Karena itu Gereja Katolik selalu mengajarkan bahwa Yesus Kristus sungguh hadir, secara riil/nyata dan substansial, di dalam Ekaristi, yaitu Tubuh, Darah, Jiwa dan ke-Allahan-Nya di dalam rupa roti dan anggur (KGK 1374). Ekaristi adalah “sumber dan puncak seluruh kehidupan Kristiani” (KGK 1324) dan “hakikat dan rangkuman iman kita” (KGK 1327) karena Ekaristi adalah Yesus Kristus sendiri, Ekaristi adalah jantung Iman Katolik.

Selamat hari Minggu - selamat bertemu Tuhan di dalam Ekaristi - Tuhan memberkati.

Catatan : KGK : Katekismus Gereja Katolik